Ayam Woku

.
بسم الله الر حمن الر حيم
.
Untuk sahur saya gak mempersiapkan menu yang berbeda dengan hari biasa. Karena untuk menu makanan, buat saya sama saja... mungkin yang perlu diperhatikan mengatur asupan yang masuk ke tubuh. Seandainya pun ada menu takjil juga seperti biasa saya buat.
.
Untuk sahur nanti, saya menyiapkan salah satunya adalah Menu Ayam Woku makanan khas Sulawesi Utara. Karena masih ada anak yang gak suka pedas...ya jadi bumbu cabenya hanya sebagai pemanis saja di warna 😅.
.
:: Ayam Woku ::
.
Bahan :
 1 ekor ayam, dipotong 12/14 bagian
2 sendok teh air jeruk nipis 
8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
4 lembar daun pandan, diiris
1 lembar daun kunyit, diiris
4 batang serai, dimemarkan
6 ikat kecil daun kemangi, dipetiki
1 buah tomat, dipotong-potong
750 ml air 
Bumbu Halus
12 butir bawang merah 
5 buah cabai merah
2 cm kunyit, dibakar
2 cm jahe 
8 butir kemiri, disangrai 
Garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir 
Minyak untuk menumis

Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis. Diamkan 20 menit.
2. Tumis bumbu halus dengan minyak, masukkan serai dan irisan daun jeruk, kunyit dan pandan, tumis hjngga harum.
3. Masukkan ayam, masak hingga kaku. Tambahkan air masak ayam masak sampai matang dan
 meresap. Tambahkan daun kemangi dan potongan tomat sesaat sebelum diangkat. Aduk rata dan matikan kompor.
4. Siap dihidangkan. 
Untuk rasa... syeger karena ada rasa sedikit jeruk nipis...bumbu juga aroma daun jeruk dan kemangi. Anak saya sukaaa sekali asal jangan pedas ☺.
Selamat mencoba...!

Komentar

Postingan Populer