Roti Ubi Ungu



Beli Ubi ungu di yayuk penjual sayur, yang terpikir saya hanya mau membuat sesuatu dengan ubi ungu, karena warnanya yang menarik itu buat saya. Beli 1 kg, sebagian saya buat roti ubi ungu dan sebagian kolak biji salak ubi ungu.

Nah, pertama-tama saya membuat roti dulu. Sebwlum menentukan resep saya browsing-browsing dulu supaya tahu bagaimana hasil roti dengan ubi. Setelah browsing-browsing, akhirnya saya putuskan memakai Resep Donat Kentang NCC, hanya saja untuk cairan saya tambahkan sedikit lagi. Karena pengalaman membuat donat goreng, resepnya saya pakai menjadi donat panggang hasilnya jadi kering donatnya.

Setelah eksekusi resep dan dicicip, waah... rotinya empuk lembuut. Warna Rotinya memang tidak ungu gonjreng, karena saya tidak tambah pewarna, tapi untuk isiannya barulah warnanya Ungu terlihat. Untuk rasa ubi, menurut saya tidak terlalu berasa yaa... yang lenring enaklah dan dapat warna roti yang ungu. Mau cobaa...? Yuuk... lihat resepnya dulu.

Resep modifikasi sedikit dari resep Donat kentang buFatmah Bahalwan Full Hanya saja saya tambah cairannya dari 100ml jadi 150ml supaya lebih empuk , karena ini kan resep donat goreng jadi tambahin air sedikit kalau untuk di oven. Resep seperti resep donat kentang biasa ya.

Roti Ubi Ungu
Modifikasi Tesep Donat Kentang NCC


500 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr susu bubuk

11 gr ragi instan

200 gr Ubi Ungu kukus ---> haluskan dan dinginkan

100 gr gula kastor

75 gr mentega

1/4 sdt garam

4 kuning telur

150 ml air hangat kuku


Cara Membuat :

- Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.

- Tambahkan ubi halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.

- Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.

- Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (saya bagi menjadi berat 50 gr )

- diamkan sampai mengembang. Kemudian kempiskan. Siap dibentuk roti sesuka hati dan filling sesuka hati. Tapi kalau mau isi Ubi ungu juga, resep di bawah ini ya.

- setelah dibentuk menjadi roti, diamkan kembali hingga mengembang, kurang lebih 30 menit. Kemudian olea susu dan madu, oven 20 menit dengan suhu 170 drj C. Atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya. Angkat dan diamkan hingga adem. Siap dihidangkan deh...

Isian Roti pakai ubi juga dengan resep :

Resepnya
Ubi halus 200 gr
Gula pasir 30 gr ( kalau mau manis tambah lagi saja )
Butter 25 gr
Susu cair 50 ml
Garam sedikit saja

Semua bahan dimasak dan di aduk sampai kental sekali. Angkat dan sisihkan. Siap buat isiannya



Nah... seperti itu cara membuatnya. Silahkan dicona yaaa....

Salam
Af

Komentar

Postingan Populer