Cheese stick Keju



Hari ini membuat Cheese Stick untuk dibawa Abah ke Mekah, kali ini saya membuat bukan dengan resep Ibu Fatmah, ingin coba resep lain dari Sajian Sedap. Saya buat 2kali resep dari ini, supaya dapat lebih banyak tentunya 😊.

Untuk keju saya pergunakan keju apel dan cheddar supaya kejunya lebih berasa. Dalam proses pembuatan cheese stick ini tidak menggunakan lemak sama sekali ataupun cairan, tapi jangan khawatir, cheese sticknya tetap renyah karena menggunakan telur utuh. Proses pembuatannya lumayan meminta tenaga, karena saat menguleni, adonan tidak lembek tapi cenderung kering. Nah di sinilah kita mengeluarkan tenaga. Menguleni adona  hingga kalis. Caranya kalau saya, ambil sedikit-sedikit adonan yang sudah tercampur, kemudian uleni hingga menggumpal sempurna tidak ada lagi bagian yang kering. Ajadinya adonan akan menjadi beberapa gumpal adonan. Setelah semua selesai, adonan simpan diwadah baskom, tutup dengan serbet yang sudah agak dibasahi (lembab), qgar saat adonan mengantri untuk digiling tidak menjadi kering.
Pada proses menggiling dan menggoreng, baiknya jangan menunggu adonan digiling dan dipotong semua, buat beberapa kali prosea giling-potong- goreng. Tujuannya supaya cheese stick yang siap goreng tidak terlalu lama menunggu digoreng sehingga akan menjadi kering. Nah, sekarang saya langsung tulis reaepnya ya.

Cheese Stick
Sumber : sajian sedap




Bahan:
200 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tepung sagu
125 gram keju cheddar parut ( saya pakai 75 gr keju apel dan 50gr keju cheddar )
2 butir telur
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam ( saya skip)
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( saya pakai yang non MSG )
minyak untuk menggoreng




Cara Pengolahan :

Aduk semua bahan sampai bergumpal.Giling tipis digilingan mi dengan ketebalan no. 4 (paling tebal no.7)---> saya pakai no 6 yang tipis
.Potong dengan pemotong mi yang lebar. Potong panjang 15 cm.Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.

Untuk 350 gram

Komentar

Postingan Populer