Lime Cake




Lime Cake atau Cake Rasa Jeruk Nipis. Cake Line ini sebenarnya sudah lama ingin dibuat. Hanya saja belum tereksekusi, karena masih ragu untuk membuatnya. Akhirnya, karena penasaran dan ada stok jeruk nipis di rumah, maka jadilah saya mengeksekusinya. Saya menggunakan resep butter cake ala saya yang sudah biasa saya pakai, tinggal modif sedikit saja.

Untuk membuat Lime Cake ini, saya menggunakan parutan kulit jeruk nipis yang masih segar atau Lime Zest juga air jeruk nipisnya. Dalam memarut kulit jeruk, perlahan saja supaya bagian putih kulit jeruk nipisnya tidak terparut, karena bagian ini pahit rasanya. Cake Lime ini, saat matang di oven, Masya Alloh harumnya sungguh menggoda. Membuat saya penasaran dengan rasanya saat itu. Dan ternyata, saat mencicipnya, rasa dan aromanya itu .... top!  Rasa limenya ada! Berikut resepnya kalau ingin mencoba.



Lime Cake
By Afif


Bahan
2 buaj jeruk nipis, parut kulitnya
1,5 buah jeruk nipis yang empuk, ambil airnya

Campur bahan kering :
20 gr maizena
20 gr susu bubuk
185 gr terigu
1 sdtVanili bubuk
------
200 gr gula pasir
6 telur utuh

Campur :
100  gr mentega cairkan 
50 gr minyak 

Siapkan loyang tulban diameter 22cm, oleskan mentega tipis-tipis dan tabur terigu sedikit secara merata.

Cara :

1. Panaskan oven di suhu 170 °C
2.. Kocok telur dan gula hingga kental berjejak.
3. Masukkan bahan kering, aduk rata.
4. Masukkan lime zest aduk rata. 
5. Tambahkan air jeruk nipis aduk rata, kemudian masukkan mentega cair dan minyak, aduk rata.
6. Tuang dalam loyang, 
7. Masukkan dalam oven , oven hingga berwarna kecoklatan matang atau sekitar 30 - 40 menit.
8. Jika sudah matang dan pastikan dengan tes tusuk, keluarkan dari oven. Diamkan hingga tidak terlalu panas.
9. Keluarkan dari oven, dinginkan di cooling rack. Jika sudah tidak panas, siap dipotong dan disajikan.

Selamat mencoba

Komentar

Postingan Populer