Tahu Gejrot Cirebon





Libur Sabtu saatnya berkumpul, khususnya dengan anak-anak. Beberapa hari lalu saat berkunjung ke Mahad anak di daerah sekitar Kebagusan City apt, jadi teringat tahu gejrot. Jadilah hari ini pas Sabtu belanja sendiri cari tahu pong di warung sayur yang agak jauh dari rumah kalau dengan berjalan kaki.

Mungkin sebagian besar sudah mengenal dan merasakan tahu gejrot yang segar pedas rasanya. Sekedar cerita, makanan ini sebenarnya khas fari kedua orangtua saya berasal, tapi terus terangg saya belum pernah mencicip sama sekali sampai saya usia remaja walau sering ke rumah nenek. Lebig sering menikmati kuliner kue-kuehan selain Sega Lengko buatan nenek, wedang ronde buatan nenek juga Bubur Rumbah. Kapan saya mengenal tahu gejrot ? Saya mengenal tahu gejrot itu saat saya masih bekerja di daerah perkantoran Sunter Podomoro. Punya Bos yang orang Chinese Cirebon, jadi karena Beliau saya masih dekat-dekat daerah asal orangtua saya, beberapa kali dia belikan saya tahu gejrot dari Abang yang lewat melalui OB. Nah dari situlah saya mulai mengenal si Tahu Gejrot ini yang aslinya saat saya kenal bumbunya menggunakan sedikit terasi. Dan ternyata saya sukaa dengan Tahu Gejrot yang segar ini, pedas manis asam kuahnya dan berpadu dengan rasa bawang merah.

Nah kali ini saya coba membuat Tahu Gejrot untuk kesekian kalinya. Tanpa terasi, kalau ingin menambahkan silahkan saja ya. Berikut resep Tahu Gejrot ala saya.


Tahu Gejrot
By Afi

Bahan :
20 tahu pong, potong 4

Bumbu Halus
2 cabai merah
2 bawang putih
3 bawang merah


Bumbu kuah

350 cc air
35 gr gula merah
4 sdm cuka meja
1/2 buah air jeruk nipis
Garam secukupnya

Bahan ulek kasar saat penyajian

8 Bawang merah 
8 cabai rawit 
Atau sesuai selera jumlah bawang mwrah dan cabai rawitnya.



Cara Membuat :

1. Masak air, gula, bumbu halus, cuka dan garam hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.

2. Campur bumbu ulek kasar ke dalam kuah yang sudah tidak panas. Diamkan sejenak supaya bumbu meresap ke dalam kuah.

2. Penyajian : 
Ambil  tahu potong sajikan di piring. Siram dengan kuah yang sebelumnya diaduk dulu kuahnya. Nikmati bersama air teh tawar hangat.


Selamat mencoba 😊

Komentar

Postingan Populer