Tahu Slawi




Pertama kali makan Tahu Slawi ini diperkenalkan oleh suami. Kalau pulang kantor biasa ya, pulang bawa oleh-oleh makanan. Beli di sekitar daerah Pancoran di pinggir jalan, saya juga pernah di ajak beli saat pulang dari kantor suami di daerah Dr. Soepomo. Makan tahu Slawi ini, tadinya waktu belum tahu namanya apa, saya pikir ini makanan Jawa Barat karena ada acinya, seperti cireng . Tapi ternyata namanya Tahu Slawi, makanan khas kota Slawi dan Brebes atau sekitarnya :) . Makan tahu ini rasanya ketagihan, kalau saya lagi mau , pasti saya titip oleh-oleh pulang kantor suami ( hehehe.... ).

Naah....saatnya kantor suami pindah ke Kemang....ngga pernah ketemu Tahu Slawi ini di sepanjang perjalanan pulang. Terpaksa deh saya cuma menahan rasa kangen Tahu Slawi. Akhirnyaaaa....coba-coba browsing tentang Tahu Slawi. Coba-coba buat sendiri... berfikir saja, kalau berhasil bersyukur..kalau gagal ya next coba lagi. Karena saya dulu pernah buat gagal...gagal di adonan acinya yang keras dan ngga matang. Padahal sudah ikutin resep di majalah looh....! Untuk kali ini saya buat coba-coba takaran sedikit-sedikit dengan ditimbang.

Karena khawatir gagal di penggorengan acinya, saya test beberapa untuk digoreng terlebih dahulu. Mengikuti resep-resep yang saya baca di hal menggorengnya, " Menggunakan api sedang ". Ternyata tetap saja gagal ! Akhirnya saya coba goreng lagi, kali ini apinya saya turunin lagi besarnya, menggunakan api kecil. Alhamdulillah...berhasil matang rata ! ^_^ ... setelah tes potong tahunya...acinya terlihat matang sampai ke dalam, wah senangnya saya ! Akhirnya digoreng semua sisa tahu slawinya. Untuk sambal cocolnya, karena saya bukan tipe yang rajin buat sambal, dan kebetulan saya punya stok bumbu siap pakai yaitu bumbu pecel, saya gunakan bumbu ini sebagai bumbu cocolan. Alhamdulillah enak :))


Tahu Slawi ala Afif Haryanti

Bahan :
10 buah tahu kuning, belah diagonal , kerat tengahnya ( dikerok sedikit untuk memasukkan adonan aci ) sisihkan
Sagu 100 gram
Air Panas 75 ml
1 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt merica halus
garam secukupnya
kalau suka menggunakan kaldu bubuk, boleh dipakai untuk menambah rasa di acinya. Atau bisa menggunakan air kaldu sebagai pengganti penggunaan air panas di resep
Minyak untuk menggoreng


Cara :
1. campur sagu dan air panas, aduk rata. Tambahkan bawang putih halus, bawang daun dan garam serta keratan tahu. Aduk rata. Buat adonan aci agak kental, jika masih keras bisa ditambah air sedikit sedikit.
2. ambil 1 buah tahu, sendoki aci dan tempelkan ke tahu. Lakukan pada semua tahu hingga habis
3. Goreng tahu dengan minyak panas. Pergunakan api kecil supaya aci bisa matang merata. goreng hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan sambal kacang/sambal pecel/ cabai rawit. Lebih nikmat disajikan hangat
selamat mencoba

Komentar

Postingan Populer