Tips membuat Roll Cake

Tips ini saya salin dari majalah Sedap edisi 2003...lumayan jadul tapi isinya tidak pernah jadul... ^_^

Kesulitan pada umumnya dalam membuat cake jenis ini umumnya adalah pada saat penggulungan justru kesulitan tersebut dipengaruhi oleh proses pembuatannya yang kurang tepat Misalnya cara mengoven kue yang keliru, komposisi bahan pun sangat berpengaruh demi mendapat kelenturan kue yang bagus agar kue mudah digulung..

Komposisi Bahan

Umumnya Bolu gulung dibuat dari kuning telur yang banyak Maksudnya supaya lembut dan lebih mudah digulung tetapi bolu gulung bisa juga dibuat dari putih telur saja karena umumnya kue yang dibuat dari putih telur saja, lentur hasilnya.
Penggunaan tepung yang kelewat banyak pun sering menyulitkan penggulungan Jadi perbandingan penggunaan tepung pada bolu gulung amat sedikit dibanding pada bolu biasa. Penambahan maizena juga sering digunakan untuk melenturkan kuenya.

Pengovenan

Pengovenan kue jenis ini memerlukan suhu yang tinggi ( sekitar 180 - 200 drj C ) dengan waktu yang singkat tidak boleh lebih dari 20 menit.
Karena bolu gulung ini tipis, jika terlalu lama pengovenannya bisa menyebabkan kue menjadi kering sehingga akan patah pada saat digulung

Penggulungan

Kue bisa digulung pada saat masih panas atau setelah agak dingin Jika menggunakan krim sebagai fillingnya, lakukan penggulungan saat kue sudah dingin atau saat masih panas langsung digulung tetapi tanpa isi jika sudah dingin perlahan dibuka gulungannya dan kemudian dioles krim dan digulung kembali.

Supaya tetap canti, kue yang sudah digulung, digulung kembali dengan serbet bersih / kertas roti rapat-rapat diamkan beberapa saat, sehingga gulungan kuenya akan melingkar dengan cantik.

Komentar

Postingan Populer