Bubur RUmbah Indramayu


Bubur Rumbah Indramayu


oleh Afif Haryanti


Bubur ini bagian dari memori masa kecil saat dulu sering berada di rumah nenek di Indramayu. Bubur yang sering saya lihat untuk sarapan dan juga pernah saya makan.

Ternyata jenis bubur rumbah ini ada varian lain yang dicampur cecek atau nangka muda. Kalau yang varian itu saya belum pernah makan. Jadi saya buat sesuai yang pernah saya ketahui dan saya makan.

Mau coba ?

Foto masih pakai watermark dari blog saya yang lama :))






Bahan bubur :



150 gr beras cuci bersih

250 gr udang ukuran sedang, kupas bersih

air secukupnya untuk memasak bubur

2 lembar daun salam

3 siung bawang merah, bersihkan dan memarkan

garam secukupnya






Bahan Rumbah/ sayuran 

2 genggam toge, bersihkan

2 ikat bayam/kangkung ( kalau di Indramayu pakai kangkung ), potong-potong dan bersihkan

10 lonjor kacang panjang, potong-potong dan bersihkan

 Saus Kacang

50 gr kacang goreng, tumbuk halus bersama

cabai rebus ( suka-suka ya jumlahnya sesuai selera pedasnya )

terasi udang secukupnya

gula pasir dan garam secukupnya

1 - 2 sdm air asam

100 ml air matang

Bahan Tambahan

kecap asin

kerupuk udang

Cara :

1. masak bahan bubur hingga matang, jangan terlalu kental ya buburnya

2. rebus masing-masing sayuran secara terpisah, sisihkan

3. campur bahan saus kacang seluruhnya jadi satu dengan diaduk rata

Penyajian :

Ambil 1 mangkuk bubur, tambahkan sayuran di atasnya, siramkan dengan saus kacang agak banyak, beri kecap asin dan sajikan dengan kerupuk udang.




Saran Penyajian :Sajikan dalam keadaan bubur masih hangat

Letak keistimewaan bubur ini, selain pada bubur yang manggunakan udang, saus kacang juga memberi rasa tersendiri pada saat menikmati bubur ini.

Komentar

Postingan Populer