Sarikaya Roti


Sabtu ini jadwalnya santai di rumah jadi menjadwalkan membuat kudapan keluarga sekalian untuk setoran NCC Culinary. Kudapannya sengaja dipilih yang biasa dibuat saat Ramadhan dan Alhamdulillah bahan-bahannya
ada.

Kudapan ini makanan saya sejak kecil, dulu Ibu saya suka buat ini untuk kami. Terbuat dari roti tawar, santan, pisang ambon.Teksturnya lembut basah... bisa dimakanhangat atau pun dingin, Ibu saya bilang makanan ini namanya " Sarikaya ". Kalau dulu Ibu saya buatnya selalu pakai ilmu kira-kira, tapi di sini saya sudah pakai takaran . Ohyaaa... ini cocok juga loh jadi peneman Marrocon Tea saat berbuka puasa. 

Sarikaya Roti
by Afif Haryanti


Bahan :

200 gr roti tawar, sobek-sobek
300 ml santan
200 ml susu cair putih
100 gr gula pasir
1 butir telur kocok lepas
1 lembar daun pandang , potong-potong
1 buah pisang ambon besar, potong kotak-kotak ( sesuai selera )
garam sedikit


Cara Membuat :

1. masukkan semua bahan kecuali daun pandan, dan pisang ambon. Aduk rata
2. masukkan  bagian pisang ambon dan daun pandan, aduk rata
3. Tuang dalam pinggan tahan panas, kukus dalam kukusan yang sudah panas ( airnya mendidih ) selama kurang lebih 30 menit.
4. Angkat dan diamkan hingga dingin. siap disajikan atau simpan di kulkas sebentar


Seperti biasa mau foto hasil dapur....sudah siap tata objek...hiks...hiks T_T kamera baterenya habiis..bisss... seperti biasa kalau anak yang pakai lupa deh nge charge batere lagi. Yah...pakai kamera HP lagi saja... karena tunggu besok belum tentu makanannya masih ada untuk difoto-foto :((

Selamat mencoba!



Komentar

Postingan Populer