Cilok atau Baso Kojek...jajanan masa Anak-Anak :))




Siapa yang belum pernah tahu makanan jajanan di abang-abang yang biasa mangkal di sekolahan anak SD ? Namanya cilok...aci dicolok, atau waktu zaman saya SD namanya bakso kojek. Kalau dulu seingat saya jualannya pakai bumbu kacang encer...tapi waktu zaman dulu saya juga termasuk yang jarang beli bakso kojek ini sih :)) Cobain beli pernah... ^_^

Jajanan ini termasuk jajanan yang tak lekang dimakan waktu ya... karena Bakso kojek atau cilok ini masiiih banyak yang jualan. Tapiii...kalau lihat bumbunya sekarang ini, saya ya selalu pesan ke anak, jangan beli yaa...bumbunya itu sausnya meraah gonjreng. Ngeri kalau suka baca atau dengar berita di TV tentang saus yang dipakai abang-abang penjual makanan kaki lima, khususnya di sekolah-sekolah.

Kali ini saya buat sudah 1 minggu an lebih kalau tidak salah, baru diposting kali ini. Sebenarnya saya tergiur oleh postingan cilok Ibu Citra teman FB saya, resep sudah diarahkan ke satu blog. Setelah saya coba kok ya encer alias lembek, tidak bisa dipulung sama sekali. Padahal resep sudah sesuai loh . Akhirnya ya pakai takaran sendiri saja deh....

Untuk Bumbu kacang, kebetulan ada stok bumbu kacang buatan Ibu saat masak Sega Lengko. Jadi ya pakai bumbu yang sudah ada saja deh... .... enak loh!


Yuuk...mau coba resepnya ?

Cilok/ Bakso Kojek
by Afif. H

Bahan

250 gr sagu
250 gr terigu
300 - 350  ml air kaldu panas ( saya pakai kaldu rebusan ayam )
2 bawang putih tumbuk halus
merica halus 1/2 sdt atau selera
2 batang daun bawang ukuran sedang iris halus
garam dan gula secukupnya

Air untuk merebus

Cara :

1. campur sagu dan terigu serta daun bawang
2. Panaskan kaldu, bawang putih dan merica serta garam dan gula.
3. tuang kaldu panas sedikit demi sedikit ke campuran sagu dan terigu sedikit demi sedikit dengan menggunakan spatula
4. aduk sampai adonan kalis bisa dibentuk.
5. Rebus air dipanci
sampai mendidih
6. Bulatkan adonan menjadi bola-bola kecil, masukkan dalam rebusan air sampai mengambang. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai adonan habis
7. Kemudian kukus bola-bola cilok atau bakso kojek tadi kurang lebih 30 menit.
8. Angkat diamkan hangat, siap disajikan dengan bumbu kacang :))

Tips : Cilok atau bakso kojek ini akan menjadi agak alot jika cilok sudah dingin. Baiknya simpan di majic com dengan menggunakan saringan magic com supaya cilok tetap hangat dan siap dimakan kapan saja.

Komentar

Postingan Populer